berkebun · cara · hidroponik · Uncategorized

Cara Menanam Cabe Di Polybag

Budidaya Cabe Rawit Dalam Polybag

Cara Menanam Cabe Di Polybag – Sedikit tidak sama lewat cara menanam cabe umumnya, langkah menanam cabe memakai polybag ini dapat anda kerjakan dimana saja. Tak perlu tempat yang luas serta besar untuk memakai langkah tersebut. Tersebut yang perlu anda kerjakan untuk menanam cabe memakai polybag 

1. PEMILIHAN BENIH

Di market, anda bakal menjumpai sebagian varietas cabe, dari mulai yang hibrida hingga varietas lokal. Untuk menanam ke-2 type cabe itu, tidaklah mempunyai ketidaksamaan. Tetapi, untuk bila menginginkan membudidayakan cabe varietas hibrida, anda mesti memakai obat-obatan spesifik.

Untuk type cabe hibrida, benihnya dihadirkan dari Thailand serta Taiwan. Bila varietas lokal umumnya ditanam di daerah Kudus, Rembang, hingga Sumatera Utara, tepatnya di Tanah Karo.

Bila anda baru mengawali menanam cabe, tambah baik pilih yang varietas lokal. Varietas lokal lebih gampang perawatannya dari pada varietas hibrida. Saat ini juga telah ada varietas lokal hasil seleksi yang tingkat produktivitasnya jauh tambah baik bila dibanding varietas lokal umum.

Argumen lain pilih varietas lokal yaitu cabe lokal itu lebih adaptif dengan keadaan lingkungan tempat cabe itu ditanam. Tetapi, bila dibanding dengan varietas hibrida, tingkat produktivitasnya pasti bakal kalah.

2. PENYEMAIAN BENIH

Seperti menanam pada tempat umum, menanam cabe didalam polybag baiknya janganlah segera dari benih atau biji. Pertama-tama, anda mesti terlebih dulu menyemai benih supaya jadi bibit. Penyemaian juga berperan untuk menyeleksi benih mana yang tumbuhnya tak baik serta berpenyakit.

Penyemaian benih ini dapat memakai polybag memiliki ukuran kecil, sekitaran 8×9 cm. Terkecuali polybag, anda juga dapat memakai baki atau tray, daun pisang, atau petakan tanah. Dari cara-cara itu, langkah yang paling gampang serta praktis yaitu memakai petakan tanah.

Langkah menyemai benih dengan memakai petakan tanah yaitu, sediakan terlebih dulu sepetak tanah seperlunya. Kemudian, campur kompos dengan tanah, lalu aduk hingga rata. Buat tanah segembur mungkin saja supaya nanti akar tanaman cabe bisa menembus tanah dengan gampang. Kemudian, buat ketebalan petakan tanah pada 5-10 cm. Lalu, buat larik yang jarak antar lariknya 10 cm.

Tempat penyemaian sudah siap, setelah itu tanam benih cabe dengan jarak 7, 5 cm didalam larik yang telah di buat. Lalu, siram tempat penyemaian supaya tanah jadi basah, lantas tutup memakai abu atau tanah. Serta, tutup tempat penyemaian memakai karung goni sepanjang 3-4 hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s