berkebun · cara · Uncategorized

Langkah Menanam Kunyit

panen-kunyit

Langkah Menanam Kunyit –  bisa dikerjakan dengan cara gampang di dalam

pot. Penanaman tanaman herbal ini tak mesti dikerjakan di pekarangan yang luas, Kamu bisa memakai pot. Artikel Langkah menanam kunyit cukup banyak disukai oleh PetaniIndonesia, beberapa orang yang tertarik menginginkan menanam kunyit. Kunyit yaitu satu diantara tanaman yang banyak dimanfaatkansebagai bahan herbal untuk bikin obat. Diluar itu, kunyit banyak juga jadikan sebagai bumbu dapur untuk melezatkan makanan. Baik untuk bumbu dapur maupun sebagai bahan herbal, kunyit memanglah mempunyai banyak faedah. Kandungan yang ada didalam kunyit nyatanya begitu baik untuk melindungi kesehatan. Tak heran bila beberapa orang menginginkan menanam tanaman yang satu ini. Pemrosesan kunyit jadi obat herbal sendiri cukup simpel, Kamu bisa memarutnya lantas mengambil airnya saja. Karena kandungan yang dipunyai, kunyit jadi satu diantara bahan alami yang paling banyak dipakai untuk jadikan obat herbal. Pastinya Kamu juga tak asing lagi dengan kunyit asam, satu diantara obat herbal yang banyak dikonsumsi. Bila Kamu termasuk juga satu diantara orang yang teratur konsumsi kunyit asam, coba untuk membuatnya sendiri. Kamu bisa menanam tanaman kunyit sendiri dirumah lantas memanennya setiap saat Kamu membutuhkannya. Langkah menanam kunyit sendiri tidaklah susah untuk Kamu kerjakan.

1. Sediakan rimpang kunyit

Seperti yang telah dijelaskan terlebih dulu, sediakan rimpang kunyit yang bakal dipakai sebagai bibit. Pakai rimpang yang berusia 7 sampai 12 bln., pecah rimpang itu dengan tersisa 1 sampai 3 mata tunas. Tiap-tiap pecahan rimpang itu bakal jadikan sebagai bibit, tempatkan pecahan rimpang

itu diatas tampah. Diamkan bibit itu hingga tunasnya tumbuh, taruh didalam ruang yang lembab. Janganlah lupa untuk menyiram pecahan rimpang itu 2 kali satu hari.

Langkah menanam kunyit di pot selanjutnya yakni sediakan media tanam yakni pot yang diisi tanah serta pupuk. Pakai pupuk kompos serta tanah yang gembur, perbandingan tanah serta pupuk sekitaran 3 : 1. Isi tiap-tiap pot dengan tanah yang telah digabung dengan pupuk kompos hingga penuh.

3. Semai bibit kunyit

Bila pecahan rimpang kunyit telah mulai berkembang serta nampak tunas kurang lebih 3 cm, Kamu bisa lakukan penyemaian. Potonglah rimpang kunyit itu lantas tanam didalam pot yang telah Kamu buat persiapan. hingga 8 cm lantas tutup dengan tanah, siram dengan air seperlunya.

4. Rawat tanaman

Bila telah lakukan penyemaian, langkah menanam kunyit selanjutnya yakni kerjakan perawatan tanaman dengan baik. Siramlah tanaman itu 2 kali satu hari, pagi serta sore hari. Diluar itu, check juga tanaman Kamu dari serangan ulat yang banyak menyerang tanaman kunyit. Jangan pernah ulat-ulat itu bikin tanaman kunyit Kamu busuk serta mati. Kamu bisa memakai pestisida untuk menyingkirkan ulat-ulat itu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s