berkebun · cara

Tahap Penanaman Semangka Non Biji

cara-mengawinkan-semangka-non-biji-dengan-mudah

Tahap Penanaman Semangka Non Biji – Langkah Penanaman
Penentuan pola tanam pada tanaman semangka ditangani dengan pola monokultur. Pembuatan pembuatan lubang tanam penanaman bibit semangka pada tempat lapangan, setelah persemaian berumur 14 hari dan telah tumbuh 2 helai daun.

Sambil menunggu bibit cukup besar, ditangani pelubangan pada tempat dengan kedalaman 8-10 cm. persiapan pelubangan tempat itu ditangani 1 minggu terlebih dulu bibit dipindahkan ke darat.

Berjarak 20-30 cm daritepi bedengan dengan jarak antar lubang sekitaran 80-100 cm atau tergantung tak tidak tebal atau tipisnya bedengan. Setelah ditangani pelubangan, tempat kemudian tergenangi air sekitaran tinggi bedengan, dan ditinggalkan sampai air meresap.

Terlebih dulu bibit batang ditanam, lakukan lebih dahulu perendaman, agar mudah melepas polybag yang dipakai. Langkah imunisasi ditangani melalui langkah merendam selama 5-10 menit dan diimbangi gabungan larutan obat-obatan.

Langkah Pemeliharaan Tanaman
Dalam system pemeliharaan tanaman ada banyak sisi pemeliharaan yang umum diberikan, satu diantaranya system penyiraman, penyiangan, pembubunan, penjarangan dan penyulaman, dan terakhir pemupukan.

Penyiraman pada tanaman yang baru ditanam dilahan terbuka atau kebun demikian paling utama, bila penyiraman melalui saluran-saluran bedengan jadi air harus dijaga jangan sampai meluap menggenangi permukaan bedengan.

Penyiangan yang ditangani pada tanaman semangka harus hati-hati karena, jangan sampai batang primer dan sekunder terpotomg atau rusak. System penyiangan ini bisa ditangani pada 3-4 kali selama hidup tanam.

Setelah demikian hari penanaman kemudian ditangani pembubunan. Pembubunan yaitu system membubun tanah agar akar menyerap makanan lewat cara maksimal dan diikuti dengan system perempelan, yaitu system penyortiran tunas-tunas muda untuk dibuang yg tak berguna dan akan menghambat perubahan tanaman semangka.

Penjarangan dan penyulaman pada tanaman semangka ditangani setelah berumur 3-5 hari, bila tanamann yang telat pertumbuhannya dan akan menyebabkan kematian jadi selekasnya ganti tanaman tersebbut dengan bibit baru. Dan lakukan penjarangan dengan tersisa 2-3 tanamansaja.

Pemupukan yang diperoleh pada tanaman semangka yang cukup cepat pertumbuhannya, sebaiknya diberikan pupuk P dan K serta 1/3 segi pupuk N diberikan untuyk pupuk basic. Gabungan pupuk P dan K diberikan dalam lubang tanam (sedalam 5-8 cm) sejauh 5-8 cm dari biji. Apabila menggunakan pupuk DS dan ZK, jadi masing-masing lubangnya hanya diberikan 28 gr pupuk DS dan 22 gr pupuk ZK.

Pemberian pupuk N sebaiknya diberikan beberapa tiga kali. Bila pupuk N yang diperoleh berupa pupuk ZA (sebagian 45 gr/tanaman), jadi berilah pupuk beberapa 15 gr/tanaman.
Pemberian pupuk awal diberika saat tanaman mulai ditanam, pemberian pupuk ke-2 diberikan pada tanaman sudah setinggi 1 m, tengah pemberian pupuk ketiga setelah tanaman sudah berbuah sebesar telur ayam.

Pembuahan
Sebagian petani di negara Jepang biasanya hanya memelihara satu buah saja buah saja pada masing-masing cabangnya. Jadi, dari masing-masing pohonnya hanya akan didapat 3-4 buah saja. Pembuahannya diatur pada ketiak daun yang sama, lebih kurang 1, 5 m dari lubang tanam.

Bila tanama sudah mngeluarkan buah jadi selekasnya berikanlah alsa jerami kering, alas jerima ini untuk jauhi percikan air hujan, sebab air hujan akan mengakibatkan kebusukan pada buah bila diserang selekasnya pada badan buah. Untuk ukuran yang baik masing-masing hektar dapat menghasilkan buah beberapa 8-10 ton. Langkah Menananam Buah Semangka

Sumber Dari : http://menanamterbaru.blogspot.com/2016/11/tahap-penanaman-semangka-non-biji.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s