berkebun · cara

Cara Membibitkan Bunga Kamboja

cara-menanam-bunga-adenium-di-pot-plastik

Cara Membibitkan Bunga Kamboja – Bunga kamboja (Plumeria) yakni tanaman hias yang memiliki bunga berwarna indah dan berbau wangi semerbak. Sepintas, bentuk tanaman kamboja sama sekali dengan adenium. Namun keduanya yakni tanaman yang berbeda dan memiliki kecenderungan yg tidak sama saja.
Bunga Kamboja

Biasanya sebagian orang di Indonesia beranggapan bunga kamboja yakni tanaman yang mistik. Hal sejenis ini karena tumbuhan bunga kamboja umum ditanam di pemakaman dan sebagian tempat sakral yang lain. Tetapi berbarengan dengan pergantian zaman, bunga kamboja disangka sebagai tanaman hias yang keindahannya mulai diperhitungkan. Biasanya, penanaman bunga kamboja ini memiliki maksud untuk bikin kondisi yang khas seperti di daerah Bali.

Bagaimana langkahnya menanam bunga kamboja? Berikut ini sebagian tipsnya dari kami!

1. Pemilihan Bibit Bunga Kamboja

Tahukah anda, ada begitu banyak jenis bunga kamboja yang menebar di semuanya dunia. Beberapa yang popular satu diantaranya Plumeria bali-whirl memiliki mahkota bertumpuk, Plumeria acuminata dengan mahkota membulat dan ujungnya menggulung, Plumeria acutifolia memiliki bunga yang harum dan berguna sebagai obat, Plumeria cendana mempunyai bunga yang demikian wangi dan getahnya beracun, serta bunga kok putih yang senantiasa menguncup walau sudah mekar. Jadi, yakinkan bunga-bunga kamboja yang anda sukai dan cocok dengan tema taman yang bakal dibangun.

2. Membibitkan Bunga Kamboja

Bunga kamboja bisa dikembangbiakan melalui biji (generatif) dan stek batang (vegetatif). Pembuatan bibit tanaman melalui biji mempunyai potensi tumbuh yang makin besar di banding dengan cangkok, namun waktu perawatannya lebih lama. Tengah pembibitan bunga kamboja melalui stek batang tidaklah sangat sulit ditangani dan tanaman lebih cepat berbunga.

Untuk kerjakan stek batang bunga kamboja, potong menyerong cabang tanaman kamboja yang sudah berusia dewasa dengan panjang sekitaran 60-100 cm. Tanamkan cabang kamboja itu dalam polybag menggunakan media tanam berupa tanah dan pupuk kandang. Letakkan bakal bibit kamboja ini di tempat yang teduh, sejuk, dan peroleh sinar matahari yang cukup. Jangan sampai lupa siramlah bibit kamboja saat pagi dan sore hari agar kepentingan air pada tanaman terpenuhi.

Sumber Dari : http://menanamterbaru.blogspot.com/2016/11/cara-membibitkan-bunga-kamboja.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s